Enaknya Oseng “Kerang Batu Putih Tajam” (Teritip),

Khas Pangandaran


Rabu, 12 Desember 2018
M. Sofyan Bazuri _210110180147_Penulisan Kreatif


Pangandaran sediri memiliki banyak sekali kuliner khas-nya baik yang sudah terkenal mendunia maupun yang belum familiar di masyarakat pendatang baru.
Salah satunya adalah “kerang batu putih tajam”  atau masyarakat setempat biasa disebut Teritip.

Teritip yang bernama latin Tetraclita squamosal limpet Siphonaria sirius Patelloida ini biasanya terdapat di rawa atau muara sungai  menuju laut. Teritip dapat bertahan hidup di air payau dan air asin, dan biasanya menempel kuat pada batu, kayu, atau tanaman yang berada di sungai atau pinggir laut.

Keberadaanya seperti diabaikan oleh para masyarakat awam karena mereka mengira itu hanyalah batu biasa. Padahal kalau terinjak oleh kaki akan  menyebabkan kaki anda robek, karenadi ujung kerang terdapat kaya semacam pisau gitu loh yang tajam banget pastinya.





Kerang tersebut biasanya hidup berdempetan satu sama lain, ia akan membuka sendiri cangkangnya untuk memakan plangton kecil.

Untuk mendapatkanya agak sedikit sulit sih, dimana kita harus melepaskan kerang tersebut dari batu yang sangat kuat rekatannya tanpa merusak isi kerang.

Dibalik kesulitan tersebut kita tidak akan dikecewakan dengan kenikmatan kerang tersebut setelah dimasak dengan baik, serta memiliki protein yang sangat tinggi.

Masyarakart setempat kadang memasaknya dengan cara direbus denan air mendidih sehingga cangkangnya yang keras tersebut dapat membuka dengan sendirinya sehingga memudahkan untuk mengambil daging dari kerang tersebur.

Untuk olahanya terkadang setelah dagingnya diambil bisa langsung dimakan dengan nasi dan sambal, rasanyapun tanpa diberi garam dan penyedap rasa sudah gurih karena sebelum direbus banyak mengandung air laut yang asin sehingga menyerap kedalam daging.

Berikut adalah cara memmasak oseng sambal teritip khas Pangandaran :



Siapkan terlebih dahulu kerang yang sudah direbus dan terlepas dari kulitnya yang keras tersebut ya.. hehe.

  • Bahan – bahan :

  1. Kerang yang sudah dikupa
  2. 10 buah cabe merah keriting
  3.  4 buah cabe rawit
  4.  2 lbr daun jeruk
  5. 1 siung bawang putih
  6. 1 buah tomat(iris)
  7.  6 buah cabe ijo(iris strong)
  8. Seruas lengkuas(geprek)
  9. 4 siung bawang merah  
  10. 2 lbr daun salam
  11. 1 buah jeruk nipis
  12.  2 sdk makan saos tiram
  13. Secukupnya Gula merah dan gula pasir
  • Langkah- langkah memasak :
  1. Bersihkan kerang dan lumuri dengan jeruk nipis biar tidak bau amis. Setelah itu cuci lagi dengan air bersih.
  2. Haluskas bumbu cabe, bawang merah, bawang putih.
  3. Tumis bumbu tambahkan lengkuas, irisan tomat, irisan cabe ijo, lengkuas, daun salam, daun jeruk, gula merah, garam, saos tiram dan gula pasir.
  4.  Tes rasa kalau sudah pas masukkan kerang dan tambahkan sedikit air.
  5.  Biarkan sampai airnya menyusut menyerap kedalam daging kerang.
  6.   Kalau sudah pas, masakan siap dhidangkan.
Masakan tersebut sudah tidak asing lagi dihidangkan dimasyarakat apalagi yang berada dipesisir pantai. Rasanya tentu bisa menggoyangkan lidah, selamat mencobanya. Terimakasih.

Komentar