SISI LAIN DARI BUAH HONJE (KECOMBRANG)


SISI LAIN DARI BUAH HONJE (KECOMBRANG)
Pangandaran, 18 Desember 2018, 10:40 WIB.
Oleh: Bagdja Muhammad Rinaldi

Sumber : www.bukalapak.com

Kabupaten Pangandaran yang dikenal tempatnya masakan Pindang Gunung (semacam sup ikan), kini di Kabupaten ini juga mulai dikenal dengan olahan minuman yang berbahan dasar kecombrang atau masyarakat Sunda menyebutnya honje.

Honje dengan nama latinya (Etlingera hemisphaerica) adalah sejenis rempah-rempah dari suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Buah yang berbau harum khas merupakan bahan campuran dan sekaligus bumbu penyedap berbagai macam masakan di Indonesia.

Di Sumatra Utara Honje disebut bunga kencong atau kincungdi Jawa bunga kecombrang, bongkot di Bali, asam patikala di Kalimantan Selatan, asam cekala di Tanah Karo, jaung di Kalimantan Timur dan dalam bahasa Inggris disebut torch gingerTanaman ini berwarna kemerahan seperti tanaman hias pisang-pisangan dan jika batangnya telah tua maka bentuk tanamannya mirip jahe.

Bunga honje biasanya dijadikan sebagai bahan campuran atau bumbu penyedap aneka masakan di Indonesia. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama sambal. Demikian pula buahnya dan bagian dalam dari pucuk (tunas) yang muda, biasa digunakan dalam masakan atau campuran sambal.




Di kabupaten Pangandaran, khusus honje Laka justru diolah menjadi minuman dalam bentuk jus honje. Lokasi pengolahannya berada dibeberapa Kecamatan seperti Parigi ,Cijulang, Mangunjaya, sebagai daerah penggagas awal dari jus ini. Saat ini pengolahannya tidak hanya di Kecamatan Mangunjaya saja, melainkan sudah menyebar ke daerah lain, seperti di Dusun Bojongmalang, Desa Karangbenda.

Honje yang digunakan untuk membuat jus adalah jenis honje laka dikarenakan kalau menggunakan honje biasa hasilnya kurang bagus, tapi kalau honje laka lebih merah warnanya (merah marun). Jus honje Laka memang enak apalagi kalau pemanisnya gula aren atau madu membuat kita segar.



Adapun khasiat dari jus honje di antaranya dapat memulihkan stamina, menghilangkan masuk angin dan menurunkan kolesterol juga darah tinggi. Saat ini jus honje menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Dengan demikian dia berharap ada peran aktif dari pemerintah khususnya Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran untuk memberikan pelatihan guna pengembangan, pemasaran, serta pengemasan. Dalam pembuatannya jus honje tidak menggunakan bahan pengawet, dan bila jus honje disimpan di dalam kulkas akan bertahan selama satu bulan.


Selain bisa dijadikan sebagai bumbu masak dan olahan minuman, honje juga mempunyai manfaat lainnya yaitu :  
  • Honje sebagai Obat-obatan
  • Tumbuhan honje dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit yang berhubungan dengan kulit, termasuk campak (cacar). Di Malaysia, bunga honje direbus dan air rebusannya dijadikan untuk obat sakit telinga.


  • Menghalau Bau Badan
  • Selain sedap, bunga honje juga dapat menghalau bau badan. Daun muda dan bunganya yang dapat dimasak sebagai sayur asam itu jika dimakan baunya merasuk ke seluruh badan sehingga beberapa hari setelah makan sayur itu, baunya masih tetap terasa. Cara ini baik sekali untuk menutup bau keringat yang apek. Hal ini dikarenakan bunga honje mengandung minyak atsiri, saponin, dan flavoinoida. 

Komentar