MEMAHA-MIE ENAKNYA BAKSO ENCLANG

Bagi anda pecinta kuliner, jika anda berkunjung ke Pangandaran tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi mie bakso unik yang satu ini Mie Bakso Enclang. Ya , menu makanan bakso memang banyak di Pangandaran,  tetapi bakso ini mempunyai suatu ciri khas yaitu bakso lonjong, dan ada juga yang dibelah terlihat seperti kembang mekar dengan di dalamnya penuh daging sapi, dan juga dicampur dengan tetelah jeroan atau lemak gajih.


Jangan dilihat dari tempatnya, rasakan kenikmatannya…. *hehe

                Seperti yang lainnya bakso enclang ada bakso kecil dan besar, hanya saja saat kita coba membeli baso disini baso yang ukuran besar tidak begitu bulat dan cenderung lonjong, mungkin ini bedanya dari yang lain. Kalau soal rasa sepertinya anda perlu mencoba kelezatannya, bisa dinikmati ditempat atau juga dibawa kerumah. Dengan 12 ribu anda bisa merasakan nikmatnya bakso unik ini. Warung Baso Enclang buka mulai dari pukul 11 siang – 10 malam.


jadi ngiler dehhhh *slurp

         Saya dijelaskan mengenai cara pembuatan adonan bakso tersebut yaitu mengutamakan banyaknya daging dibanding dengan tepung, karena jika kebanyakan tepung maka bakso akan terasa lebih keras. Pertama-tama daging sapi digiling dan dicampur dengan bumbu spesial. Kemudian dicampur dengan adonan tepung dengan diberi air panas, setelah tercampur rata maka dibentuk lonjong adonan tersebut. Baru setelah itu ditiriskan hingga dingin. Setelah bola-bola bakso tersebut dingin, kemudian dimasukkan ke dandang untuk direbus dan kuahnya juga dikasih bumbu spesial khusus Enclang Setelah itu bakso bisa dihidangkan dengan bakso besar dan kecil serta diberi tetelan jeroan, lemak, sayur cesim, dan toge.

bakso kok lonjong…

            Dengan resepnya ini, warung bakso Enclang yang berlokasi di Jalan Kidang Pananjung No. 74, Pangandaran ini bisa menghabiskan kurang lebih 50 kg daging sapi setiaphari dengan jumlah sekitar 500 porsi. Untuk kehalalan terjamin oleh penjualnya karena sudah bekerja sama dengan LPPOM  MUI, jadi sang pemilik sudah menjamin halalnya bakso tersebut. Engga bingung lagi kan udah tahu kalo berlibur ke Pangandaran terus laper dan lagi pengen bakso unik dan khas Pangandaran dimana sekarang ;)

Komentar